Reaksi Kimia

Salah satu contoh reaksi kimia

Salah satu contoh reaksi kimia

Sifat kimia adalah ciri-ciri suatu zat yang menyatakan apakah zat itu dapat
mengalami perubahan kimia tertentu. Perubahan kimia adalah perubahan yang mengubah identitas zat dalam suatu, materi. Pada perubahan kimia terbentuk zat baru. Terjadinya suatu reaksi kimia dapat diketahui dari perubahan yang diakibatkan oleh reaksi tersebut. Beberapa perubahan tersebut adalah terbentuknya endapan, terjadinya perubahan warna, terbentuknya gas, dan adanya perubahan suhu.
1. Reaksi Kimia Menghasilkan Endapan
Di sekitar kita banyak dijumpai reaksi kimia yang dapat menghasilkan    endapan. Reaksi-reaksi yang termasuk contoh reaksi kimia yang menghasilkan endapan, antara lain:

  • Terjadinya senyawa karbonat pada dasar panci saat merebus air.
  • Ketika air kapur ditiup, maka akan terjadi reaksi antara air kapur dengan karbondioksida hasil pernapasan. Terjadinya reaksi dapat diamati terbentuknya kalsium karbonat (CaCO3) berwarna putih yang mengendap di dasar gelas jika dibiarkan beberapa saat.
  • Pengendapan dengan reaksi kimia telah lama dimanfaatkan untuk proses penjernihan air. Air sumur yang keruh akibat bercampur lumpur dapat dijernihkan dengan penambahan tawas. Tawas tersebut akan mengikat partikel partikel lumpur sehingga menggumpal dan akhirnya mengendap.

2. Reaksi Kimia Menghasilkan Perubahan Warna
Buah apel yang dipotong dan dibiarkan beberapa saat, lama kelamaan akan
berubah menjadi berwarna coklat. Perubahan warna ini menunjukkan    bahwa zat kimia pada apel telah bereaksi dengan oksigen di udara. Reaksi antara larutan tepung kanji dengan iodium tintur dapat diketahui dari perubahan warna yang terjadi. Larutan kanji berwarna jernih, iodium berwarna coklat. Jika keduanya dicampurkan akan membentuk warna biru. Jika ditambahkan vitamin C maka iodium akan bereaksi dengan vitamin C membentuk zat kimia lain yang tidak berwarna. Jadi terjadinya reaksi kimia dapat diketahui dari perubahan warna yang terjadi. Alat-alat rumah tangga yang terbuat dari logam, benda-benda tersebut lama kelamaan akan berubah warna. Alat dari besi akan berkarat sehingga menjadi berwarna hitam, alat dari tembaga akan berubah warna menjadi kehijauan, alat dari perak akan berubah warna menjadi hitam. Perubahan warna tersebut menunjukkan bahwa telah terjadi reaksi kimia pada alat-alat tersebut. Warna baju yang kita pakai lama-kelamaan akan memudar karena bereaksi dengan bahan kimia yang terdapat dalam detergen.

Perhatikan video berikut ini:

Video tersebut merupakan contoh reaksi kimia yang menghasilkan perubahan warna.
3. Reaksi Kimia Menghasilkan Gas
Dalam kehidupan sehari-hari, banyak kita temui reaksi kimia yang ditandai
dengan terbentuknya gas. Ketika karbit dicampur dengan air, akan
menghasilkan gas karbit. Gas ini umumnya digunakan untuk keperluan
penyambungan logam dengan pengelasan. Selain itu gas karbit juga dapat
digunakan untuk mempercepat pemasakan buah. Ketika membuat kue, ke dalam adonan tersebut ditambahkan soda kue. Pada saat adonan dipanaskan, soda kue akan terurai menghasilkan gas karbon dioksida. Gas inilah yang menyebabkan kue dapat mengembang.
4. Reaksi Kimia Menghasilkan Perubahan Suhu
Ledakan petasan merupakan hasil dari reaksi kimia. Semua reaksi selalu
melibatkan energi, beberapa reaksi menyerap energi dan ada yang melepaskan energi. Energi yang menyertai reaksi kimia berupa panas, cahaya, suara, atau energi listrik. Suatu reaksi kimia yang menghasilkan energi dinamakan reaksi eksoterm. Jika energi tersebut berupa panas, dapat mengetahuinya dengan mengukur kenaikan suhunya. Reaksi pembakaran merupakan contoh reaksi eksoterm.
Pada saat mereaksikan karbit dengan air, kitadapat merasakan kenaikan
suhu pada dinding gelas tempat reaksi dilakukan. Besar kenaikan suhu dapat
diukur dengan termometer. Suatu reaksi kimia yang memerlukan energi
dinamakan reaksi endoterm. Contohnya, reaksi pada proses fotosintesis.

Untuk lebih bisa mengaplikasikan materi tentang reaksi kimia, silahkan download materi berikut:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: